Minggu, 20 Januari 2013

Upacara Bendera, Antara Kewajiban dan Tanggungjawab

Sebagai sekolah yang memiliki kredibilitas dan integritas dalam mendidik dan mengajarkan ilmu serta pengalaman kepada para siswanya, MTs. Nurul Hidayah dalam konteks ini selalu berupaya untuk melakukan pelayanan paripurna kepada para siswanya didalam meraih ilmu dan cita-citanya.
Sebagaimana diketahui bersama, diantara upaya menuju kearah tersebut, maka beberapa kewajiban dan tanggungjawab harus dilakukan secara sinergi, kontinyu dan berkarakter. Diantaranya, UPACARA BENDERA hari Senin.
Bagi setiap lembaga pendidikan, Upacara Bendera Hari Senin selayaknya dijadikan sebagai pijakan awal dalam membina dan mendidik karakter siswa agar menjadi siswa yang tekun, disiplin dan bertanggungjawab.
Sebab, sebenarnya Upacara Bendera Hari Senin memiliki signifikansi yang layak untuk dijadikan barometer penilaian siswa didalam menunaikan hak & kewajibannya di sekolah. Kita akan dapat melihat kesungguhan para siswa melalui gambaran pelaksaaan Upacara Benderanya. Bahkan secara tidak langsung, dari pelaksanaan Upacara Bendara Hari Senin ini pula, kita dapat melakukan asumsi awal tentang kinerja seluruh stakeholder di sebuah sekolah. 
Kita pasti memiliki prediksi yang sama, jika pelaksanaan Upacara Bendera Hari Senin dilaksanakan oleh seluruh stakeholder pendidikan di sebuah sekolah, maka proses penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran akan dihiasi dengan aura semangat dan motivasi yang berkobar layaknya kobaran api semangat para pejuang kemerdekaan dahulu. Sehingga diyakini, iklim pendidikan di sekolah tersebut akan sangat kondusif.
Jika sudah demikian, apakah bagi kita, UPACARA BENDERA itu sebuah kewajiban atau tanggungjawab ??? Sebuah kewajiban pasti memiliki konsekwensi dan setiap tanggungjawab ada pertanggungannya.
(Iman Budiman, S. Pd. I - Kesiswaan MTs. Nurul Hidayah Padalarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar